Sabtu, 17 Desember 2011

Air Terlezat di Dunia, Es Cendol Masuk Favorit

APA minuman terenak di dunia? Air. Itulah hasil jajak pendapat CNNgo tentang 50 minuman terlezat di dunia. Dari Indonesia, es kelapa muda dan es cendol juga masuk daftar bergengsi.

Tak ada yang melebihi air sebagai penghapus dahaga. Air merupakan dasar dari setiap minuman yang pernah ada dan tidak ada yang pernah mengalahkan segelas air murni.

Jajak pendapat CNNGO menempatkan air pada urutan pertama 50 minuman terenak di dunia. Karena kemurniannya, jangan salah kalau air mineral justru harganya lebih mahal dibandingkan minuman lain. Jika sudah dikemas dalam botol kemasan dan disajikan di restoran, maka Anda perhatikan bahwa harga air mineral jauh lebih mahal ketimbang minuman lainnya.

Terkait minuman terlezat, Indonesia layak bangga karena hasil jajak pendapat untuk pembaca melalui akun FacebookCNN travel itu menempatkan dua minuman khasnya dalam daftar.

Es kelapa muda (degan) menempati urutan ke-19 dalam daftar itu dan cendol pada urutan ke-45. Es kelapa muda dinilai sebagai minuman yang sangat populer dan menyegarkan."Irisan daging buah yang lembut dan air kelapa ditambah dengan sirup dan es batu membuatnya begitu disukai," kata survei tersebut.

Sedikit memberikan tips, CNNGO menyebutkan menghasilkan rasa es kelapa muda yang enak bisa dimulai dari memilih kelapa muda yang bagus. ”Sehingga air dan daging buahnya terasa menyegarkan meskipun tanpa dicampur dengan sirup perasa,” sebutnya.

Es kelapa muda merupakan minuman tradisi Indonesia yang terbaik. Sangat nikmat ketika dinikmati pada siang hari yang panas atau saat bersantai di pinggir pantai.

Es cendol juga dinilai sebagai penghilang dahaga yang digemari dan salah satu yang terenak.Es cendol terbuat dari tepung beras yang disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasanya manis dan gurih. Di Jawa barat, minuman ini akrab disebut dengan cendol, sementara di Jawa Tengah atau Jawa Timur biasa disebut dengan es dawet.

Masyarakat Indonesia meyakini bahwa istilah cendol berasal dari kata ‘jendo’” dari bahasa Sunda yang merujuk pada sensai jendolanyang dirasakan ketika butiran cendol masuk ke mulut saat kita menyeruputnya. Pewarna yang awalnya digunakan adalah pewarna alami dari daun pandan atau daun suji. Namun semakin berkembangnya ide baru, digunakanlah pewarna makanan buatan.

”Biasanya, cendol disajikan pada siang hari atau sebagai pencuci mulut setelah makan berat,” lanjut survei tersebut. Pada 10 besar minuman terenak di dunia itu, Coca-cola yang berasal dari Amerika Serikat menempati urutan kedua. Minuman berkarbonasi tersebut telah mendunia dan menjadi konsumsi jutaan orang. Di tempat ketiga terdapat kopi yang disebut berasal dari Etiopia.


Kopi merupakan salah satu komoditas dunia yang paling banyak diperdagangkan. Setelah itu, disusul dengan bir dan teh di urutan keempat dan kelima. Cukup mengejutkan dengan kehadiran minuman air mata kucing dari Malaysia di peringkat keenam, disusul dengan jus jeruk dari AS, anggur merah (red wine), serta gin dan tonik dari Inggris. Cokelat panas dengan manisan dari AS menempati peringkat ke-10. Ins,dtc

http://www.surabayapost.co.id/?mnu=b...506f582af3676a

Tidak ada komentar:

Posting Komentar