Senin, 09 Januari 2012

Pendaftaran Snmptn Jalur Undangan 2012

Berdasarkan hasil seleksi melalui dua tahap (undangan dan tertulis), jumlah peserta seleksi jalur undangan yang dinyatakan lolos dan diterima di PTN seluruh Indonesia sebanyak 46.706 peserta atau 20 persen dari semua pendaftar atau peserta seleksi yang mencapai 232.948 orang. Ketua Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 Herry Suhardiyanto menyebutkan, ada sedikitnya 10.561 peserta jalur undangan SNMPTN yang tidak lolos seleksi.
Menurutnya jumlah tersebut terjadi karena daya tampung yang terlalu banyak dibandingkan prediksi yang diatur oleh panitia. Peserta seleksi pada jalur undangan yang dinyatakan tidak lolos karena tidak memenuhi standar kompetisi di program studi berdasarkan prestasi dan peringkat akademik sekolah.

Nah Bagaimana dengan Snmptn Jalur Undangan 2012? Bagi Anda kelas XII SMA/MA/SMK/Sederajat Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 Jalur Undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik direncanakan dibuka mulai 1 Februari 2012.

Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Agus Wahyudin mengemukakan hal itu, di kampus Sekaran, Kamis (5/1). Informasi awal tersebut diterima dari panitia pusat SNMPTN 2012. Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Unnes Agus Wahyudin mengungkapkan, pengumuman tersebut berdasarkan draft informasi SNMPTN 2012 yang diterimanya.

Agus menyebutkan, jalur ini merupakan mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa adanya ujian tulis maupun keterampilan. “Jalur ini tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat,” kata Agus seperti dilansir dari laman Unnes, Jumat (6/1/2012).

Menurutnya, tujuan dibukanya jalur undangan adalah memberikan kesempatan kepada semua anak bangsa yang berprestasi akademik cemerlang untuk memperoleh pendidikan tinggi. “Selain itu, memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada kepala sekolah untuk menjadi bagian dari pelaksanaan seleksi awal di tingkat sekolah,” ujarnya.

Jalur undangan dalam SNMPTN merupakan akses lain bagi para pelajar untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Program besutan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang dilaksanakan sejak SNMPTN 2011 lalu ini dapat membantu pelajar dengan prestasi baik namun mengalami kesulitan dalam masalah keuangan.

Apa Faktor Utama Yang Menentukan Kelulusan?

Faktor utama dalam penentuan kelulusan jalur undangan tersebut, didominasi dari nilai rapor semester 1 hingga 5. Setelah dirangking berdasarkan nilai rapor, pertimbangan selanjutnya adalah pemerataan.

Misalnya, Fakultas Kedokteran UI tidak akan diisi seluruhnya oleh pelamar dari Jakarta, meskipun para pelamar itu menduduki posisi teratas. Panitia bisa mengisi pelamar dari daerah luar Jakarta. Faktor penentu selanjutnya adalah kelulusan Unas 2012.

Apa Persyaratan Pendaftaran Snmptn Jalur Undangan?

A. Persyaratan Sekolah

1. SLTA dari seluruh propinsi dan Sekolah Republik Indonesia di luar negeri yang mengikuti Ujian Nasional
2. SLTA tidak melakukan pemalsuan dokumen berkas lamaran siswa dalam dua tahun akademik terakhir (2010 dan 2011)

B. Persyaratan Pelamar

Siswa kelas 12 dan akan mengikuti UN pada tahun 2012

C. Daftar Siswa

1. Sekolah harus membuat daftar siswa dari setiap kelas yang ada siswa pelamarnya yang akan direkomendasikan untuk mengikuti SNMPTN Jalur Undangan.
2. Daftar siswa setiap kelas harus diperingkat berdasarkan prestasi akademik dan nilai kognitif rapornya. Namun demikian, pemeringkatan harus memperhatikan juga aspek potensi diri siswa berupa : dugaan keberhasilan di perguruan tinggi, kepemimpinan, daya kerjasama kelompok, dan sopan santun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar