Kamis, 02 Februari 2012

Unair-ITS Favorit Siswa RSBI

SURABAYA I SURYA Online – Para siswa sekolah RSBI di Surabaya menempatkan Unair dan ITS pada pilihan pertama. Sekitar 40 persen siswa memilih akan mendaftar ke dua kampus ini.
Setidaknya ini tercermin dari kecenderungan siswa-siswa di SMAN 2 Surabaya. “Dari hasil rekap sementara, siswa-siswa kami tetap menempatkan Unair dan ITS pilihan utama,” jelas Kepala SMAN 2 Surabaya, Kasnoko, Kamis (2/2/2012).
Hingga hari kedua pendaftaran jalur undangan (tanpa tes) seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) Kamis, sekolah-sekolah di Surabaya. Kebanyakan belum mendaftar. SMAN 2 sendiri baru akan mendaftarkan siswanya Jumat (3/2).
Dari 160 siswa yang rata-rata lima besar rangking kelas itu, sebanyak 40 persen mendaftar ke Unair, 40 persen yang lain ke ITS, dan sisanya 20 persen ke kampus lain seperti Unesa, Unibraw, UI, atau kampus di luar Surabaya lainnya.
Kondisi yang sama juga terjadi di SMAN 5 maupun SMAN 15. Kedua sekolah ini juga belum mendaftarkan siswanya. Namun, sudah menjadi tren dan kecenderungan bahwa dua kampus tersebut memang menjadi pilihan utama siswa Surabaya.
“Belum, kami belum mendaftarkan siswa kami. Besok, kami bersama Unair akan khusus memproses pendaftaran jalur undangan ini. Kita akan mendapat bimbingan dan arahan langsung,” kata Kepala SMAN 15 Abu Djauhari.
Jalur Undangan sebenaenya sudah mulai dibuka pada 1 Februari kemarin. Pendaftaran jalur tanpa tes ini akan ditutup pada 8 Februari besok. Sekolah berkesempatan mengirimkan siswanya yang berprestasi di tingkat sekolahnya. Rata-rata, siswa masuk lima besar.
Diprediksi, persaingan memperebutkan kursi PTN melalui jalur undangan tahun ini lebih ketat. Angka persaingan paling tidak 1 : 10 bahkan lebih untuk program studi favorit seperti kedokteran atau hukum. Jurusan di bawahnya angka persaingan juga di bawahnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar