Pembelajaran Sosiologi di SMA/MA
A. Latar Belakang
Sosiologi ditinjau dari sifatnya digolongkan sebagai ilmu pengetahuan murni (pure science) bukan ilmu pengetahuan terapan (applied science). Sosiologi
dimaksudkan untuk memberikan kompetensi kepada peserta didik dalam
memahami konsep-konsep sosiologi seperti sosialisasi, kelompok sosial,
struktur sosial, lembaga sosial, perubahan sosial, dan konflik sampai
pada terciptanya integrasi sosial. Sosiologi mempunyai dua pengertian
dasar yaitu sebagai ilmu dan sebagai metode. Sebagai ilmu, sosiologi
merupakan kumpulan pengetahuan tentang masyarakat dan kebudayaan yang
disusun secara sistematis berdasarkan analisis berpikir logis. Sebagai
metode, sosiologi adalah cara berpikir untuk mengungkapkan realitas
sosial yang ada dalam masyarakat dengan prosedur dan teori yang dapat
dipertanggungjawabkan secara ilmiah.
Dalam kedudukannya sebagai sebuah
disiplin ilmu sosial yang sudah relatif lama berkembang di lingkungan
akademika, secara teoretis sosiologi memiliki posisi strategis dalam
membahas dan mempelajari masalah-masalah sosial-politik dan budaya yang
berkembang di masyarakat dan selalu siap dengan pemikiran kritis dan
alternatif menjawab tantangan yang ada. Melihat masa depan masyarakat
kita, sosiologi dituntut untuk tanggap terhadap isu globalisasi yang di
dalamnya mencakup demokratisasi, desentralisasi dan otonomi, penegakan
HAM, good governance (tata kelola pemerintahan yang baik), emansipasi, kerukunan hidup bermasyarakat, dan masyarakat yang demokratis.
Pembelajaran sosiologi dimaksudkan untuk
mengembangkan kemampuan pemahaman fenomena kehidupan sehari-hari.
Materi pelajaran mencakup konsep-konsep dasar, pendekatan, metode, dan
teknik analisis dalam pengkajian berbagai fenomena dan permasalahan yang
ditemui dalam kehidupan nyata di masyarakat. Mata pelajaran Sosiologi
diberikan pada tingkat pendidikan dasar sebagai bagian integral dari
IPS, sedangkan pada tingkat pendidikan menengah diberikan sebagai mata
pelajaran tersendiri.
B. Tujuan
Mata pelajaran sosiologi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
- Memahami konsep-konsep sosiologi seperti sosialisasi, kelompok sosial, struktur sosial, lembaga sosial, perubahan sosial, dan konflik sampai dengan terciptanya integrasi sosial
- Memahami berbagai peran sosial dalam kehidupan bermasyarakat
- Menumbuhkan sikap, kesadaran dan kepedulian sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Sosiologi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
- Struktur sosial
- Proses sosial
- Perubahan sosial
- Tipe-tipe lembaga sosial.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat | 1.1 Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan 1.2 Mendeskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat 1.3 Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial |
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
2. Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian | 2.1 Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian 2.2 Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial 2.3 Menerapkan pengetahuan sosiologi dalam kehidupan bermasyarakat |
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial | 1.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
1.2 Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat 1.3 Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial |
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
2. Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural | 2.1 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural 2.2 Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural 2.3 Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural |
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Memahami dampak perubahan sosial | 1.1 Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat 1.2 Menganalisis dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat |
2. Memahami lembaga sosial | 2.1 Menjelaskan hakikat lembaga sosial
2.2 Mengklasifikasikan tipe-tipe lembaga sosial 2.3 Mendeskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial |
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
3. Mempraktikkan metode penelitian sosial | 3.1 Merancang metode penelitian sosial secara sederhana
3.2 Melakukan penelitian sosial secara sederhana 3.3 Mengkomunikasikan hasil penelitian sosial secara sederhana |
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar
menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan
pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam
merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan
Standar Proses dan Standar Penilaian.
Brahamana Rendra Nugraha (x6) (10)
BalasHapusIstilah yang diambil dari kata ganti untuk “sesuatu” atau “itu”. Id tidak mempunyai kontak dengan dunia nyata, tetapi selalu berupaya untuk meredam ketegangan dengan cara memuaskan hasrat-hasrat dasar. Aspek ini adalah aspek biologis dan merupakan sistem original di dalam kepribadian. Id berisikan hal-hal yang dibawa sejak lahir, termasuk instink-instink, Id merupakan “reservoir” energi psikis yang menggerakkan Das Ich (ego) dan Das Ueber Ich (super ego). Energi psikis dalam Id dapat meningkat karena adanya perangsang, baik perangsang dari luar maupun perangsang dari dalam. Apabila energi itu meningkat dapat menimbulkan ketegangan, dengan segera Id mereduksikan energi untuk menghilangkan ketegangan, pedoman ini disebut Freud dengan “Prinsip Kenikmatan” (pleasure priciple). Untuk mencapai kenikmatan, Id mempunyai duacara (alat proses)
Ego atau saya, adalah satu-satunya wilayah pikiran yang memiliki kontak dengan realita. Aspek ini adalah aspek psikologis dari kepribadian dan timbul karena kebutuhan organisme untuk berhubungan secara baik dengan kenyataan (realita). Sebagi satu-satunya wilayah dari pikiran yang berhubungan dengan dunia luar (realita), maka Ego pun mengambil peran eksekutif atau pengambil keputusan dari kepribadian. Di dalam fungsinya, Ego berpegang pada prinsip kenyataan (reality priciple), yaitu Ego harus menimbang-nimbang antara sederetan tuntutan Id yang tidak masuk akan dan saling bertentangan dengan Super Ego. Jadi, Ego terus menerus berupaya untuk mengendalikan tuntutan buta dan irasional dari Id serta Super Ego dengan tuntutan realistis dari dunia luar. Terjepit oleh tiga sisi kekuatan yang saling berbeda dan berlawanan satu dengan yang lainnya, maka Ego pun memunculkan reaksi yang sudah bisa kita perkirakan yaitu cemas. Oleh karena itu, Ego menggunakkan represi dan mekanisme pertahanan diri (defense mechanism) lainnya untuk melindungi diri dari kecemasan tersebut.
Super ego mewakili aspek-aspek moral dan ideal dari kepribadian serta dikendalikan oleh prinsip-prinsip moralitas dan idealis yang berbeda dengan prinsip kesenangan dari Id dan prinsir realistis dari Ego.
saya termasuk nomor 2.
faktor2 yg mempengaruhi kepribadian adalah moralitas, pengalaman dengan kenyataan, dan khayalan.