1. Setiap pagi hari sebelum pelajaran dimulai, ibu Kepala Sekolah kami,
selalu berdiri di depan pintu gerbang sekolah untuk menyambut kedatangan
siswa serta guru dengan berjabatan tangan. Kontak yang dilakukan Kepala
sekolah terhadap siswa dan guru tersebut menunjukkan kontak..
A. Primer
B. Sekunder
C. Tidak langsung
D. Positif
E. Negatif
2. Perhatikan contoh kasus di bawah ini !
1. siswa kela X dan kelas XI sepak bola memperebutkan piala kepala sekolah
2. tawuran pelajar antara SMA X dan SMA Y mengakibatkan banyak korban
3. kontrak kerja pengeboran minyak antara Indonesia dengan Inggris di lepas pantai
laut Jawa
4. warga memperbaiki saluran got yang tersumbat
Dari contoh tersebut yang termasuk bentuk interaksi asosiatif adalah…
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E. 3 dan 4
3. Gejala sosial berikut ini yang di dalamnya terjadi hubungan interaksi sosial asosiatif adalah....
A. lomba karya ilmiah remaja se-Jabodetabek
B. frestival lagu-lagu pop dan keroncong
C. bertanding sepak bola kesebelasan unggulan
D. perebutan juara bola basket tingkat nasional
E. proses kegiatan belajar mengajar dalam kelas
4. Seorang siswa berceritera tentang pengalaman di luar negeri pada
teman dengan bahasa Inggris tetapi temannya baru memberikan reaksi
setelah ia beralih menggunakan bahasa Indonesia. Proses Interaksi sosial
tersebut berbentuk ....
A. kerjasama/kooperasi
B. persaingan/kompetisi
C. perseteruan/konflik
D. pembauran/asimilasi
E. penyesuaian/akomodasi
5. Sebagai warga negara Indonesia kita ikut prihatin dan memberikan
sumbangan kepada para korban bencana alam di berbagai wilayah rawan
bencana. Tindakan sosial tersebut dipengaruhi faktor....
A. investasi
B. identifikasi
C. imitasi
D. empati
E. sugesti
6. Seorang anak Batita melihat ibunya menelepon, kemudian dia mengambil
remote TV dan menggunakannya seolah-olah dia sedang menelpon. Dari
contoh diatas, faktor interaksi sosial yang mempengaruhinya adalah….
A. identifikasi
B. imitasi
C. simpati
D. empati
E. sugesti
7. Masyarakat baduy memiliki kehidupan yang tentram dan damai. Nilai dan norma yang
mengatur kehidupan dijunjung tinggi. Hal itu berpengaruh pada perkembangan
jiwanya yaitu sebagai pribadi yang bertanggungjawab hidup tenang dan kerjasama
yang baik dalam masyarakat. Dari pernyataan tadi maka fungsi nilai sosial bagi
masyarakat baduy antara lain …
A. Mengukur seberapa banyak orang menganut nilai tersebut
B. Mengukur usaha manusia dalam memperlakukan nilai tersebut
C. Mengukur seberapa banyak orang yang tidak mematuhi nilai tersebut
D. Mengarahkan masyarakat untuk berfikir dan bertingkah laku
E. Mengukur kedudukan seseorang dalam menggunakana nilai tersebut
8. Ryan seorang pemuda yang rajin mengaji dan alumni MAN, namun perilakunya
berubah menjadi seorang yang kejam dan bengis. Perilaku Riyan merupakan bentuk
penyimpangan norma….
A. kesusilaan
B. kesopanan
C. kebiasaan
D. agama
E. hukum
9. Masyarakat yang religius sangat taat melaksanakan kegiatan beribadah sesuai
dengan ajaran agama. Perilaku taat tersebut didasari jenis nilai....
A. estitika
B. logika
C. material
D. spiritual
E. vital
10. Perhattikan beberapa prinsip berikut ini!
1. Anggapan masyarakat terhadap baik dan buruk
2. Ancaman sanksi berat atau ringan sesuai perbuatn
3. Arah atau tujuan dari setiap perilaku bermasyrakat
4. Perintah dan larangan yang harus dipatuhi
Diantara prinsip tersebut yang berkaitan dengan konsep nilai sosial (social values) adalah ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
11. Dalam sebuah kantor terdapat jabtan-jabatan tertentu dengan fungsi
tertentu pula. Seseorang yang menjabat cleaningservice akan membersihkan
lantai yang tampak kotor tanpa diberikan komando. Seorang Satpam akan
menanyakan keperluan setiap orang yang datang ke kantor itu. Begitu pula
receiptiononist akan menyapa setiap tamu yang datang Kegiatan tersebut
dilakukan sesuai dengan peran yang diharapkan dari masing-masing sebagai
pegawai. Keadaan tersebut menggambarkan telah tercipta.....
A. pola
B. perilaku
C. keajegan
D. tertib sosial
E. Keteraturan sosial
12. Setiap Senin pagi. para siswa mengikuti upacara bendera dengan
teratur. Setiap tanda masuk dibunyikan, mereka langsung
bergerak/berjalan menuju ke lapangan untuk mengikuti upacara hingga
selesai. Perilaku para siswa tersebut menunjukkan adanya ....
A. keajegan sosial
B. dinamika sosial
C. kewajiban sosial
D. perilaku sosial
E. pola perilaku sosial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar